Minggu, 17 Februari 2013

Pesta Siaga Tingkatkan Rasa Cinta Alam dan Persaudaraan



DUKUHWARU - Kwartir Ranting (Kwaran) 11.28.10 Gerakan Pramuka Dukuhwaru, Minggu (17/2) menggelar Pesta Siaga di Lapangan Kecamatan setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan juga menyeleksi calon peserta ajang yang sama di tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal. Bagimanakah kegiatannya ?

Tak bedanya dengan Kwarran lain, Kwarran Dukuhwaru ini juga menggelar Pesta Siaga guna mencari bibit tunas bangsa yang berkualitas. Kegiatan ini diikuti  barung 39 putra dan 39 barung putri. Pesta siaga yang digelar di Lapangan Kecamatan Dukuhwaru itu, mengusung tema “Dengan Semangat Pesta Siaga, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Alam dan Persaudaraan”. Dan untuk mottonya, “Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”.

Setiap barung yang berhasil memperoleh nilai tertinggi, bakal dikirim ke tingkat Kwartir Cabang. Bila di Kwarcab tersebut kembali meraih peringkat tertinggi, barung tersebut bakal dikirim lagi ke tingkat Binwil (eks Karesidenan) Pekalongan. Dan seterusnya, jika bisa lolos di tingkat Binwil, maka barung juga akan dikirimkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni ke tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) yakni di Ajang Persari Jawa Tengah.

Kegiatan yang digelar selama sehari itu, dibuka secara langsung oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini selaku Ketua Mabiran. Hadir pula dalam kesempatan itu, Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY, Kepala UPTD Dikpora Dukuhwaru Any Tristiani S.Pd MM, Kapolsek Dukuhwaru AKP Ketut Wirnita SH, Danramil Dukuhwaru dan Kepala SD se Kecamatan Dukuhwaru.

Dalam sambutannya, Dra Noor Alina Agustini mengatakan Pesta Siaga merupakan sarana bagi peserta didik (pesdik) khususnya Pramuka Siaga guna meningkatkan ketaqwaan, menumbuhkan semangat persaudaraan dan cinta lingkungan.

“Lewat Pesta Siaga ini, diharapkan dapat meningkatkan Ketaqwaan serta menumbuhkan semangat persaudaraan dan cinta tanah air,” tegasnya.

Alina juga berharap pesta siaga  mampu menunjang perkembangan peserta didik untuk lebih mengenalkan kedisiplinan, ketrampilan, persaudaraan, bakti sosial, dan perkembangan watak. 

“Kegiatan Kepramukaan seperti halnya Pesta Siaga dapat memunculkan kader penerus bangsa yang cinta patriotisme dan cinta tanah air, bangsa dan Negara,” cetusnya

Ketua Panitia Kegiatan, Heriyanto S.Pd menjelaskan, bahwa penilaian ajang Pesta Siaga yang diikuti oleh 780 peserta siswa dan siswi SD/MI se - Kecamatan Dukuhwaru ini, beragam jenisnya. Diantaranya Agama,  seni budaya, ketrampilan dan ketangkasan, pengetahuan umum, cinta tanah air, peduli sesama/lingkungan dan kelengkapan pakaian seragam pramuka.

“Masing-masing peserta harus bisa menunjukan kemampuannya pada warung kegiatan yang ada. Yakni sebanyak 13 warung,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Kwarran 11.28.10 Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, para pembina, jajaran Mabiran dan para Mabigus yang telah mendukung sehingga kegiatan berjalan sukses dan lancar.

“Trimakasih kami sampaikan kepada semua pihak, sehingga pesta siaga bisa berjalan sukses,” ungkapnya

Bagi kontingen yang Juara, Irianto mengingatkan kemenangan bukan segalanya, tapi yang terpenting peserta didik (pesdik) dapat pengalaman mengikuti kegiatan di tingkat kwarran sebagai salah satu dari proses pendidikan karakter, sehingga mereka dapat bersosialisasi sesama anggota pramuka.

“Yang menang jangan berbangga hati, tetapi jadikan kemenangan sebagai pemacu untuk tetap berprestasi. Dan yang kalah jangan kecewa, karena kekalahan merupakan kemenngan tertunda,” pesannya

Dalam Ajang tersebut, barung putra yang berhasil menjadi juara I SD Negeri Selapura 01, Juara II diraih barung putra SDN Blubuk 05 dan Juara III barung putra SDN Blubuk 04.

Sedangkan untuk barung putri, juara I diraih SD Selapura 01, Juara II barung putri MI Miftahul Inayah Slaranglor dan barung putri SDN Dukuhwaru 01 bertengger diurutan III.

“Bagi juara I akan dikirim ke Kwarcab pada 10 Maret mendatang,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar