Jumat, 19 April 2013

Prosesi Sungkeman Warnai Pengukuhan Saka Bhayangkara

DUKUHWARU – Ada yang berbeda dari pengukuhan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara pangkalan Polsek Dukuhwaru angkatan II tahun 2013. Lazimnya pengukuhan anggota Pramuka biasanya hanya digelar dengan prosesi upacara, namun kali ini sedikit berbeda.

Tampak 40 calon anggota Saka Bhayangkara Polsek Dukuhwaru menjalani pengukuhan melalui sebuah prosesi upacara sungkeman kepada orang tua masing – masing. Mereka bersujud dan mencium kaki sang Ayah dan Ibu yang kebetulan hadir langsung di Mako Polsek setempat, Rabu (17/4).

Sementara prosesi sungkeman dipimpin Kapolsek Dukuhwaru, AKP Ketut Wirnita SH selaku Kamabisaka Bhayangkara. Turut hadir Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd dan orang tua peserta.

Rasa haru nampak terlihat pada peserta didik dan orang tua. Mereka menitikan air mata, menangis tersedu – sedu melakoni prosesi tersebut.

Usai prosesi sungkeman, acara dilanjutkan dengan siraman air bunga yang diawali oleh Kapolsek Dukuhwaru diikuti Ketua Kwarran Dukuhwaru dan orang tua peserta secara bergantian.

Kapolsek Dukuhwaru, AKP Ketut Wirnita SH berpesan agar anggota bhayangkara menjaga kultur dan tradisi jawa yang baik yakni sungkeman kepada orang tua, sehingga tidak luntur dan tergerus budaya barat / modern.

“Saya sampaikan selamat atas pengukuhannya sebagai anggota Pramuka Bhayangkara Polsek Dukuhwaru. Jaga selalu tradisi sungkeman kepada orang tua,” ungkapnya

Ketut juga berharap Peserta didik agar lebih berbakti kepada kedua orangtua  mereka, baik dalam bertingkah laku maupun dan menjaga tata krama.

“Hormati orangtua kita dengan baik, jaga tata krama dan tingkah laku adik,” pesannya

Salah satu orangtua peserta, Rubaehah mengaku sangat mendukung upaya yang dilakukan Polsek Dukuhwaru dalam pembinaan siswa / peserta didik melalui kegiatan Pramuka Saka Bhayangkara.

“Saya titip anak  saya dan juga mendukung penuh kegiatan Pramuka Bhayangkara, karena dapat membentuk karakter dan jiwa peserta didiknya lebih baik,” ungkap orang tua dari Shifa

Sementara itu Ketua kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd yang turut menyaksikan pengukuhan menyampaikan selamat kepada para anggota baru saka Bhayangkara. Dirinya berharap mereka akan lebih dewasa dan menjadi pribadi yang baik dan berkarakter.

Sebelumnya peserta menjalani rangkaian acara pelantikan dan pembekalan sejak Selasa (16/4) di Mako Polsek Dukuhwaru. Materi yang disajikan antara lain apresiasi film, survival, jurit malam di kompel makam Desa Dukuhwaru.

“Untuk melatih mental dan jiwa dan sekaligus sebagai bahan renungan bahwa manusia hidup itu pada akhirnya akan mati, sengaja mereka kita bawa mereka masuk makam,” terang pamong Saka Bhayangkara Briptu Agus Sugiyarto. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar