Jumat, 23 Agustus 2013

Kwarran Dukuhwaru Peringati Hari Jadi Ke - 25

DUKUHWARU – Pengurus Gerakan Pramuka di Kwarran Dukuhwaru memperingati hari jadinya yang ke – 25 dengan menggelar Syukuran di Sanggar Pramuka setempat, Kamis petang (22/8). Kegiatan yang digagas oleh para pendiri dan sesepuh Kwarran Dukuhwaru berlangsung dengan sederhana namun penuh makna.
Kegiatan dihadiri oleh Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd, jajaran Pengurus Kwarran dan para sesepuh / pendiri Kwarran diantaranya Rejo Surahman, Rasban Subiyanto, Warnadi, Sutar AT, Sumirah, Wahyu Widodo, Nuranto dan lainnya.

Rangkaian acara diawali dengan penyampaian sejarah berdirinya Pramuka di Kwarran Dukuhwaru yang dipaparkan oleh Rejo Surahman yang juga Ketua Kwarran Dukuhwaru pertama.
Menurut Rejo, sejarah awal berdirinya Pramuka di Kwarran Dukuhwaru yakni pada saat kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Jawa Tengah yang kebetulan menginap di Kecamatan Dukuhwaru. “Saat itu, tepatnya 22 Agustus 1988 Kwarran Dukuhwaru berdiri terpaut 2 tahun setelah berdirinya Kecamatan,” paparnya.
Diceritakannya, hal itu berkat 10 pemuda yang saat itu dalam suasana puasa mampu menggoncangkan Pramuka di Jawa Tengah dengan lahirnya Kepengurusan Kwarran yang dilantik oleh Pengurus Propinsi / Kwarda. “Ini membuktikan berdirinya Kwarran Dukuhwaru ora baen baen,” tandasnya dalam bahasanya Tegalan yang berarti tidak main – main.
Rejo juga berpesan kepada Pengurus Kwarran Dukuhwaru untuk tidak sekali – kali mlingus (membuang muka.red) tetapi harus maju terus ketika menjadi Pengurus Pramuka. “Senyampang jadi Pengurus Kwarran Dukuhwaru, jangan sekali kali mlingus, maju terus,” pesannya
Sesepuh Kwarran lainnya, Rasban Subiyanto menilai Kwartir Ranting Dukuhwaru merupakan Kwarran yang potensial dan telah membawa nama baik Kwarcab Tegal di tingkat Jawa Tengah. “Anggota Pramuka dari Dukuhwaru cukup potensial, dan banyak yang masuk di Kwarcab, bahkan beberapa yang masuk pengurus Kwarcab mampu membawa nama baik di tingkat Jawa Tengah,” tandasya.
Oleh karena itu, dirinya berharap tidak hanya tercatat menjadi Pengurus saja, namun harus mampu membuat terobosan guna kemajuan Gerakan Pramuka.
Sementara itu, Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd menyambut baik dan merasa bangga kepada para pendiri Kwarran Dukuhwaru yang telah menggagas acara Syukuran hari jadi Kwarran Dukuhwaru ke 25. “Atas nama pengurus Kwarran, saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada para pendiri dan sesepuh atas inisiatifnya menggelar acara ini,” ungkapnya.
Irianto berharap jajaran pengurus Kwarran yang masih aktif dapat mewarisi semangat pendiri dan para sesepuh. Acara syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Kwarran pertama Rejo Surahman dan secara simbolis diserahkan kepada Ketua Kwarran saat ini yakni Irianto Dwi Asmoro S.Pd.
Dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan dari pengurus Kwarran Dukuhwaru kepada para pendiri Kwarran yang diwakili oleh Kak Rejo Surahman.(Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar