Senin, 02 September 2013

Gudep SMP 1 Dukuhwaru Gelar Persami

DUKUHWARU - Dalam rangka penerimaan anggota Pramuka Penggalang baru, Gugusdepan (Gudep) Tegal 10.083/10.084 Pangkalan SMP Negeri 1 Dukuhwaru menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di pelataran pangkalan Gudep setempat, Sabtu dan Minggu (31/8-1/9).
Menurut Kepala SMP Negeri 1 Dukuhwaru, Heris Harsono S.Pd melalui Pembina Pramuka, R Sopan Effendi S.Pd mengatakan kegiatan Penerimaan Tamu Penggalang (PTP) adalah proses penerimaan anggota baru pramuka penggalang Ramu SD menjadi anggota Penggalang Ramu ditingkat SMP yang digelar melalui Persami. “Persami ini sebagai sarana untuk menciptakan generasi bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan,” katanya saat membuka
Dikatakannya, melalui Persami ini diharapkan akan ada perubahan sikap dan pola pikir peserta didik, yang pada mulanya berusia penggalang SD menjadi pola pikir penggalang SMP. “Adik – adik harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan penggalang SMP, mungkin dulu saat SD masih manja, maka ketika masuk SMP tidak manja lagi,” ujarnya.
Sopan juga berkeinginan, pada saatnya nanti, Gudep SMP Negeri Dukuhwaru dapat menjadi Gudep Percontohan di Kabupaten Tegal. “Kedepan tentu perlunya pendalaman SKU maupun TKU, sehingga Gudep ini bisa menjadi Gudep Percontohan,” ungkapnya.
Sementara itu Pembina Pendamping, Faizin S.Pd menjelaskan  Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) diisi beragam kegiatan antara lain heking, pentas seni, api unggun, outbond dan materi pembekalan untuk penggalang baru. “Tidak hanya itu, pada acara api unggun yang merupakan puncak kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari masing-masing regu, seperti puisi dan menyanyi dan lainnya,” terangnya
Dirinya juga berharap, dengan  kegiatan persami tersebut bisa menjadi wahana untuk mendidik siswa, agar memiliki jiwa dan pribadi yang berkarakter. “Peserta Persami berjumlah 420 penggalang baru yang merupakan kelas VII dan didampingi oleh Guru dan Dewan Penggalang,” imbuhnya.
Prosesi pembukaan ditandai dengan penancapan pisau pada tunas kelapa muda sebagai simbol ditancapkannya nilai – nilai patriotisme dan kebangsaan pada generasi muda bangsa. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar