Sabtu, 09 November 2013

Camat Dukuhwaru : Pramuka Membentuk Karakter

DUKUHWARU – Gerakan Pramuka melalui beragam kegiatannya mempunyai peran besar dalam pembinaan generasi muda serta bermanfaat dalam pembentukan karakter yang baik. Sehingga para peserta didik (Pesdik) sebagai generasi penerus memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan hidup.
Hal tersebut dikatakan Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini saat membuka secara resmi Jambore Pramuka tingkat Kwartir Ranting (Kwarran) Dukuhwaru yang digelar lapangan Sepakbola Kecamatan Dukuhwaru, Jum’at (8/11). “Pramuka memberi manfaat dalam pembentukan karakter,” kata Alina.
Oleh karenanya, kata Alina, kegiatan Jambore penggalang merupakan kegiatan yang tepat  untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik (pesdik) sehingga terbentuk watak dan berkepribadian yang kuat. “Melalui Pramuka juga ditanamkan sikap patriotik dan disiplin para kader bangsa,” tegasnya.
Terkait kegiatan Jamran, Alina juga menyampaikan terimakasih atas kerja keras panitia dan Kwartir Ranting (Kwarran) atas digelarnya Jambore yang diikuti oleh Penggalang SD/MI dan SMP/MTs se Kecamatan Dukuhwaru. “Kepada pembina, saya harap untuk mendampingi adik – adiknya dengan baik dan saya sampaikan selamat ber jambore,” tukasnya.
Sementara itu, Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd melalui Ketua Panitia Jambore, Etik Pris Setyanto S.Pd menjelaskan jambore pramuka merupakan perkemahan besar Penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun masyarakat. “Jambore ini sebagai media berkegiatan bersama antara pramuka penggalang,” katanya.
Dikatakan Etik, jambore juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber –Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan iptek serta berjiwa pancasila.
“Jambore diikuti oleh Pramuka Penggalang perutusan Gugusdepan (Gudep) di wilayah Kwarran Dukuhwaru yang yang terdiri dari 31 Gudep pangkalan SD, 6Gudep MI dan 3  Gudep SMP/MTs. Dimana setiap pangkalan Gudep mengirimkan 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri dengan komposisi masing – masing 10 orang,” paparnya
Terpisah Koordinator Kegiatan, Tarjono S.Pd menjelaskan jambore ranting digelar dalam bentuk perkemahan dengan satuan terpisah antara tenda putra dan tenda putri. “Jamran kali ini mengusung tema “Gembira, kreatif dan berkarakter” dengan motto satyaku kudharmakan dharmaku kubaktikan,” ungkapnya.
Sejalan dengan tema yang diusung, lanjut Tarjono, diharapkan jambore dapat memberikan kegiatan yang bernuansa gembira, bermanfaat dan positif bagi peserta didik sebagai generasi muda, sehingga dapat meminimalisir kenakalan dikalangan remaja. “Peserta akan disajikan kegiatan yang bernuansa ketrampilan, pengetahuan, persaudaraan maupun permainan,” terangnya.
Tarjono menambahkan, berbagai kegiatan yang bakal disajikan dibagi dalam beberapa kelompok kegiatan yakni  kegiatan umum, keagamaan, permainan besar penggalang dan kegiatan bakti.
“Kegiatan tersebut antara lain penjelajahan, pentas seni budaya, cerdas tangkas pramuka, karnaval dan sebagainya,” pungkasnya.
Jambore Pramuka tingkat Kwarran Dukuhwaru akan berlangsung mulai Jum’at (8/11) hingga Minggu (10/11). (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar