Jumat, 17 Oktober 2014

Jambore Pramuka Tumbuhkan Rasa Kebangsaan

DUKUHWARU - Pertemuan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk Perkemahan Jambore tingkat Kwartir Ranting Kwarran Dukuhwaru digelar dilapangan Sepakbola Kecamatan Dukuhwaru. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini selaku Ketua Mabiran, Jum’at (17/10).

Pembukaan ditandai dengan pelepasan puluhan balon hias oleh Ketua Mabiran disaksikan oleh Wakil Sekretaris Kwarcab Tegal, R Sopan Effendi S.Pd, Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro, S.Pd, Kepala UPTD Dikpora, Any Tristiyani S.Pd MM, Kapolsek Dukuhwaru, AKP Ketut Wirnita SH, Danramil Dukuhwaru, Peltu Tansah Widodo dan Ketua Mabigus se Kecamatan Dukuhwaru.

Menurut Noor Alina dalam sambutan pembukaan mengatakan jambore pramuka merupakan kegiatan rekreatif edukatif di alam terbuka sebagai sarana pembinaan bagi pramuka penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri baik secara mental, fisik, spiritual maupun sosial. “Jambore juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber – Bhineka Tunggal Ika, nasionalisme serta mewujudkan manusia indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan iptek dan berjiwa pancasila,” tandasnya.
 
Dikatakan, jambore juga sarana memberikan kesempatan dan wadah bagi peserta didik yakni pramuka penggalang untuk mengaktualisasikan dirinya agar mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa kepemimpinan yang lebih positif. “Dalam kesempatan ini, saya juga berpesan agar anggota Pramuka untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban lingkungan sekitar. Buanglah sampah pada tempatnya,” imbaunya.
 
Ketua Kwarran Dukuhwaru, Irianto Dwi Asmoro S.Pd melalui Ketua Panitia Jamran Arief Christianto S.Pd mengatakan jambore yang merupakan pertemuan besar Penggalang digelar sebagai sebagai upaya memberikan bekal ketrampilan dan pengetahuan pramuka penggalang. “Jamran sebagai media pembentukan watak dan pribadi sehingga menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa satria,” katanya.

Dia menjelaskan, Jambore Ranting Dukuhwaru diikuti oleh Pramuka Penggalang perutusan Gugusdepan (Gudep) di wilayah Kwarran Dukuhwaru yang berjumlah 42 Gudep pangkalan SD/MI dan 4 SMP/MTs. Dimana setiap pangkalan Gudep mengirimkan 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri dengan komposisi masing – masing 8 orang. “Jambore akan diikuti oleh 672 Penggalang dari 42 pangkalan Gudep SD/MI dan SMP/MTs se Kwarran Dukuhwaru,” jelasnya didampingi sekretaris panitia, Ratna Isyuni

Arief menambahkan Jamran ke – 10 yang mengusung tema “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugusdepan Terakreditasi” digelar selama 3 hari yakni mulai Jum’at (17/10) hingga Minggu (19/10) mendatang. “Peserta akan disajikan kegiatan yang bernuansa ketrampilan,pengetahuan, persaudaraan maupun permainan. Diantaranya pendidikan dan seni budaya, Scouting skill, dan bakti,” pungkasnya. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar