Senin, 16 Februari 2015

Pesta Siaga Dukuhwaru Jaring Barung Terbaik

DUKUHWARU - Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Dukuhwaru, Minggu (15/2) pekan lalu menggelar Pesta Siaga di lapangan Kecamatan setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan sekaligus untuk menjaring Barung Siaga terbaik untuk melaju di tingkat Kwartir Cabang Tegal.

Pesta Siaga juga digelar guna mencari bibit tunas bangsa yang berkualitas. Kegiatan mengusung tema “Cerdas, Kreatif dan Berkarakter”. Dan untuk mottonya, “Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”. Pembukaan dilakukan oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini dan dihadiri oleh anggota Mabiran, Pengurus Kwarran dan para Ketua Mabigus SD/MI se Kecamatan Dukuhwaru.
Ketua Panitia Kegiatan, Nurchikmah S.Pd melalui Sekretaris, Abdul Muiz menjelaskan, penjaringan barung tergiat melalui ajang Pesta Siaga diikuti oleh 760 peserta siswa dan siswi SD/MI se – Kecamatan Dukuhwaru yang terbagi dalam 38 barung putra dan 38 barung putri.
“Kegiatan dibagi dalam 13 warung kegiatan diantaranya Agama, seni budaya, ketrampilan dan ketangkasan, pengetahuan umum, cinta tanah air, peduli sesama/lingkungan dan kelengkapan pakaian seragam pramuka,” ujarnya.
Sementara itu, Bripda Agus Sugiarto mewakili Kapolsek Dukuhwaru saat menutup kegiatan,  mengingatkan kemenangan bukan segalanya, tapi yang terpenting peserta didik (pesdik) dapat pengalaman mengikuti kegiatan di tingkat kwarran sebagai salah satu dari proses pendidikan karakter, sehingga mereka dapat bersosialisasi sesama anggota pramuka. “Yang menang jangan berbangga hati, tetapi jadikan kemenangan sebagai pemacu untuk tetap berprestasi. Dan yang kalah jangan kecewa, karena kekalahan merupakan kemenngan tertunda,” pesannya 
 
Dalam Ajang tersebut, barung putra yang berhasil menjadi juara I yakni MI Asyafiiyah Kalisoka, Juara II diraih SDN Blubuk 05 dan Juara III barung SDN Blubuk 04. Sedangkan untuk barung putri, juara I diraih SD Selapura 01, Juara II barung MI Asyafiiyah Kalisoka dan Juara III barung MI Miftahul Inayah. “Bagi juara I putra dan putri akan dikirim ke tingkat Kwartir Cabang pada 1 Maret mendatang,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar