Selasa, 18 November 2014

Saka Wirakartika Latih Anggota Jinakan Ular

SLAWI – Puluhan Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0712 / Tegal pangkalan Koramil 22 Dukuhwaru dilatih cara menjinakkan ular oleh Pamong saka setempat. Pelatihan digelar dalam rangka pendalaman krida survival yang dihelat Minggu (16/11) di Mako Koramil 22 Dukuhwaru.
Komandan Kodim Tegal, Letkol Inf. Jefson Marisano S, S.IP melalui Pamong Saka Wira Kartika, Sertu Aris Wicaksana mengatakan tujuan pendalaman krida survival dengan memanfaatkan media ular yakni apabila dalam keadaan darurat anggota Pramuka dapat mendapatkan makanan dengan tehnik survival yang diajarkan diantaranya menangkap ular untuk dimanfaat dagingnya.
“Kegiatan pramuka yang lebih banyak dilaksanakan dialam bebas sangat berpeluang bertemu ular. Dengan pengenalan dan latihan ini, anggota pramuka atau anggota lainnya yang suka alam bebas tidak takut dengan ular dan mengetahui harus berbuat apa ketika bertemu ular,” ujarnya
Dalam kesempatan itu, pelatihan yang diberikan meliputi pengenalan ular, cara menangkap ular, trik melepaskan ular yang melilit di anggota badan, serta cara penanganan pertama ketika digigit ular. “Harapannya apabila betul – betul mengalami atau dalam keadaan darurat, anggota Pramuka tidak canggung atau gugup karena telah dibekali dengan materi survival. Selain itu juga dapat membantu masyarakat ketika menghadapi gangguan ular,” imbuhnya.
Sebagai latihan dasar, anggota pramuka itu dihadapkan beberapa jenis ular kecil, mulai dari ular tidak berbisa, hingga ular berbisa seperti ular kobra. Kegiatan latihan rutin yang dilaksanakan tiap hari minggu mulai pukul 14.00 wib sampai 16.30 wib ini mendapat antusias dari para peserta, sebagian peserta yang awalnya takut dengan ular mulai berani mendekat bahkan menangkap ular.
Mia salah satu anggota pramuka putri, mengaku sangat antusias mengikuti latihan ini. “Awalnya saya sangat takut dan jijik melihat ular apalagi untuk memegangnya, tapi sekarang sudah tidak lagi bahkan merasa enjoi,” ungkapnya. (Admin)

sumber : kwarcabtegalkab.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar